Tutorial “Flat Design” Membuat Properti Taman Vektor di Adobe Illustrator CC

Garden-Property-Flat-Design Final

Pada tutorial perdana kali ini, yang di khususkan bagi pemula. Kita akan membuat sebuah taman sederhana, dengan hanya menggunakan objek dasar dan Pencil Tools di Adobe Illustrator CC. Anda akan terkejut betapa banyak objek berbeda yang dapat Anda buat dengan hanya menggunakan persegi panjang, elips dan segitiga!

 

Membuat Tanaman Wortel

Tekan CTRL + N, untuk membuat dokumen baru .Langkah awal kita akan membuat wortel menggunakan Ellipse Tool (L) , buat objek Oval (dengan kode warna R = 245, G = 128, B = 37 ). Kemudian aktifkan Direct Selection Tool (A) lalu klik Anchor Points pada sisi kiri dan kanan pada objek oval, kemudian tarik ke atas.

Garden-Property-Flat-Design 1_1

Aktifkan Pencil Tool (N) pada Toolbar. Lalu kosongkan warna Fill, lalu pilih stroke dan atur warnanya menggunakan kode R = 221, G = 93, B = 5 . Sekarang buatlah gambar garis seperti pada gambar di bawah ini.

Garden-Property-Flat-Design 1_2

Perbesar ukuran stroke dan ubah warnanya menjadi R = 141, G = 139, B = 0 . Gunakan Pencil Tool (N) untuk menggambar daun wortel.
Setelah membuat semua garis stroke wortel tanpa warna fill; selanjutnya tahap ini akan membantu Anda memperbesar dan memperkecil ukuran stroke wortel secara proporsional. Untuk memperluas bagian stroke, pilih salah satu stroke daun wortel, buka menu Select > Same > Fill color , kemudian lalu buka menu Object > Expand dan tekan OK.

Garden-Property-Flat-Design 1_3

Membuat POT untuk wortel. Aktifkan Rectangle Tool (M) dan buatlah persegi panjang. Klik objek lalu buka Effect > Warp > Bulge . Sesuaikan opsi seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

Garden-Property-Flat-Design 1_4

Lalu posisikan wortel di belakang pot bunga : pilih wortel, lalu klik kanan > Arrange > Send Backward. 

Garden-Property-Flat-Design 1_5

Pastikan objek wortel terpilih, tekan tombol Shift dan Alt dan seret wortel ke kanan secara bersamaan. Kemudian cukup klik CTRL-D beberapa kali untuk membuat banyak wortel.

Garden-Property-Flat-Design 1_6

 

Membuat Pohon Hias

Sebelum memulai buat pohon, pastikan bahwa Stroke Color posisi none, lalu pilih fill color dan atur warnanya ke R = 163, G = 165, B = 16 .
Gunakan Ellipse Tool (L) untuk menggambar lingkaran. Kemudian gambar lagi lingkaran kedua tetapi lebih kecil berada di dalam lingkaran pertama dengan warna ke R = 173, G = 174, B = 40 .

Garden-Property-Flat-Design 2_1

Sekarang tambahkan batang pohon menggunakan Rectangle Tool (M) . Atur warnanya ke R = 114, G = 108, B = 1 .

Garden-Property-Flat-Design 2_2

Sekarang saatnya membuat pot bunga. Mulai dengan persegi panjang menggunakan Rectangle Tool (M) dan set warna ke R = 112, G = 50, B = 33 . Lalu buka menu Effect > Warp > Bulge dan sesuaikan opsi wrap Anda seperti yang ditunjukkan pada gambar.

Garden-Property-Flat-Design 2_3

Gabungkan seluruh bagian dalam 1 tempat.

Garden-Property-Flat-Design 2_4

Lalu hiasi pohon dengan bunga.
Aktifkan Polygon Tool (M) (isi warna R = 230, G = 227, B = 208 ) dan Jendela dialog akan muncul, Anda perlu mengatur jumlah menjadi 6 sisi dan tekan OK .Lalu buka menu Effect > Distort and Transform > Pucker and Bloat. Geser slider ke nilai 50% dan tekan OK .

Garden-Property-Flat-Design 2_5

Tambahkan lingkaran di tengah bunga, dengan kode warna ( R = 242, G = 235, B = 70 ).

Garden-Property-Flat-Design 2_6

Hiasi pohon dengan bunga dengan cara Copy-Paste .

Garden-Property-Flat-Design 2_7

 

 

Membuat Pagar Sederhana

Kemudian aktifkan Pen Tool (P) dan tambahkan satu anchor point pada bagian tengah seperti yang ditunjukkan pada gambar,  lalu pilih point dan tarik keatas.Aktifkan Rectangle Tool (M) dan buat persegi panjang, atur warnanya ke (R = 34, G = 188, B = 185).

Garden-Property-Flat-Design 3_1

Tekan tombol Shift dan Alt dan secara bersamaan lalu pindahkan objek ke kanan. Anda akan mendapatkan dua objek duplikat. Selanjutnya tekan CTRL-D dan Anda akan mendapatkan tiga objek dengan jarak yang sama.

Garden-Property-Flat-Design 3_2

Tambahkan persegi panjang dengan warna lebih gelap ( R = 2, G = 155, B = 147)

Garden-Property-Flat-Design 3_3

 

 

Membuat Objek Kumbang

Buatlah objek oval dengan Ellipse Tool (L) menggunakan kode warna (R=238, G=53, B=36).

Garden-Property-Flat-Design 4_1

Copy dan Paste objek oval pertama, lalu ubah warna fill menjadi hitam. Setelah itu aktifkan Convert Anchor Point Tool (Shift-C) dan selanjutnya klik pada anchor point di bagian atas dan bagian bawah objek.

Garden-Property-Flat-Design 4_2

Buat objek oval kedua menjadi lebih kecil lalu letakkan di atas objek oval merah pertama. Untuk menempatkannya tepat pada bagian tengah objek, pilih kedua objek sekaligus dan klik tombol Horizontal Align Center dan Vertical Align Center pada panel Align.

Garden-Property-Flat-Design 4_3

Buatlah lingkaran hitam untuk kepala kumbang. Lalu letakkan kepala dibagian belakang tubuh, tekan CTRL-X lalu CTRL-B .

Garden-Property-Flat-Design 4_4

Atur warna fill menjadi no color dan atur stroke ke warna hitam. Pastikan opsi Round Cap tercentang pada panel Stroke . Lalu aktifkan Arc Tool kemudian gambar antena serangga.

Garden-Property-Flat-Design 4_5

Buat lingkaran hitam ukuran kecil, lalu letakkan di atas tubuh kumbang. Sekarang Anda pilih semua bagian kumbang dan buat menjadi group ( klik kanan > Grup)

Garden-Property-Flat-Design 4_6

Letakkan kumbang pada bagian atas pagar.

Garden-Property-Flat-Design 4_7

 

 

Membuat Sangkar Burung

Buatlah persegi panjang hijau muda ( R = 163, G = 165, B = 16 ) dan lingkaran hijau gelap (R = 114, G = 108, B = 1).

Garden-Property-Flat-Design 5_1

Sekarang kita akan menambahkan atap. Aktifkan Polygon Tools di Toolbar dan klik pada ArtBoard. Isi jumlah sisi menjadi 3 pada panel dialog dan tekan OK . Atur warna atap ke R = 141, G = 139, B = 0

Garden-Property-Flat-Design 5_2

Letakkan atap pada bagian atas objek kotak.

Garden-Property-Flat-Design 5_3

Lalu yang perlu Anda lakukan sekarang adalah membuat persegi panjang menggunakan Rectangle Tool (M) dengan warna fill R = 112, G = 50, B = 33 .

Garden-Property-Flat-Design 5_4

 

 

Membuat Objek Burung

Mulai dengan membuat objek tubuh. Aktifkan Eyedropper Tool (I) dan cukup klik pada objek pagar untuk mengambil warna biru yang sama.
Buatlah objek oval dengan menggunakan Ellipse Tool (L) . Setelah itu aktifkan Convert Anchor Point Tool (Shift-C) dan lalu klik pada anchor point kiri dan kanan objek oval.

Garden-Property-Flat-Design 6_1

Untuk mengubah proporsi objek baru, maka buka menu Effect > Distort dan Transform > Twist . Masukkan 100 derajat di dialog windows Twist dan tekan OK . Untuk menjaga skala proporsi objek, buka menu (Object  > Expand Appearance).

Garden-Property-Flat-Design 6_2

Aktifkan Direct Selection Tool (A) dan gerakkan Anchor Point menjadi bentuk yang lebih bulat. Lalu tambahkan lingkaran mata kecil dengan warna R = 20, G = 48, B = 47.

Garden-Property-Flat-Design 6_3

Tambahkan kaki burung. Ambil Rectangle Tool (M) dan gambar dua persegi panjang (warna R = 238, G = 53, B = 36 ). Letakkan pada belakang objek burung ( klik kanan > Arrange > Send Backward ).

Garden-Property-Flat-Design 6_4

Dengan warna yang sama dengan objek kaki, lalu buatlah oval. Aktifkan Convert Anchor Point Tool (Shift-C) lalu klik pada Anchor Point bagian kanan dari oval. Kemudian pilih Anchor Point bagian atas dan bawah dari objek oval menggunakan Direct Selection Tool (A) . Pindahkan ke kiri.

Garden-Property-Flat-Design 6_5

Posisikan objek sayap pada tempatnya.

Garden-Property-Flat-Design 6_6

 

 

Posisikan Burung di Atas Sangkar Burung

Seleksi seluruh objek burung dan Kelompokkan ( klik kanan> Group ), letakkan di atas sangkar burung dan posisikan burung di belakang objek sangkar (klik kanan > Arrange > Send Backward).

Garden-Property-Flat-Design 7_1

 

 

Membuat Pot Bunga

Mari buat pot bunga. Buat warna fill menjadi coklat ( R = 112, G = 50, B = 33 ) dan gambar segi empat. Lalu buka menu Effect > Warp> Bulge dan sesuaikan opsi slider seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah.

Garden-Property-Flat-Design 8_1

Tambahkan persegi panjang horizontal kecil dengan warna yang sama di bagian atas.

Garden-Property-Flat-Design 8_2

Membuat daun dengan objek oval hijau. Anda perlu membuat sudut runcing dengan bantuan Convert Anchor Point Tool (Shift-C) .

Garden-Property-Flat-Design 8_3

Aktifkan Line Segment Tool (\) dan buatlah objek garis tepat di tengah daun. Lalu buka panel Pathfinder dan klik tombol Divide . Anda akan membuat dua bagian daun. Pilih setengah objek menggunakan Direct Selection Tool (A) dan ubah warnanya menjadi lebih gelap ( R = 141, G = 139, B = 0 ).

Garden-Property-Flat-Design 8_4

Buat objek menjadi dua ( Copy-paste ) dan tambahkan objek batang menggunakan Arc Tool (warna stroke R = 124, G = 118, B = 1 ).

Garden-Property-Flat-Design 8_5

Tempatkan tanaman pada pot bunga.

Garden-Property-Flat-Design 8_6

 

 

Buat Objek Kaleng Penyiraman

Dengan Eyedropper Tool (I) ambil warna biru pada burung yang Anda buat sebelumnya dan buatlah objek persegi panjang. Lalu buka Effect > Warp > Bulge dengan Opsi Warp yang ditunjukkan di bawah ini.

Garden-Property-Flat-Design 9_1

Hapus warna fill dan buat warna stroke menjadi biru. Perbesar ukuran stroke pada panel Stroke dan buatlah gambar lingkaran sebagai pegangan (untuk lingkaran bundar yang bagus Anda harus menahan tombol Shift ).

Garden-Property-Flat-Design 9_2

Sekarang kosongkan warna stroke dan buat warna fill menjadi biru kembali. Aktifkan Polygon Tools dan klik pada ArtBoard Anda. Atur jumlah sisi menjadi 3 pada windows panel dan tekan OK . Setelah itu gunakan Direct Selection Tool (A) dan ubah bentuk segitiga :

Garden-Property-Flat-Design 9_3

Letakkan di atas kaleng penyiraman.

Garden-Property-Flat-Design 9_4

Buatlah objek persegi panjang biru sekali lagi dan buat objek mengecil pada bagian ujung.

Garden-Property-Flat-Design 9_5

Tambahkan objek Segitiga biru terbalik akan berfungsi sebagai lubang air.

Garden-Property-Flat-Design 9_6

Apakah Anda ingat cara membuat bunga? Anda juga dapat mengambil salah satu objek yang Anda buat untuk pohon hias.

Garden-Property-Flat-Design 9_7

Hiasi kaleng penyiraman dengan bunga.

Garden-Property-Flat-Design 9_8

 

 

Membuat Sarung Tangan Berkebun

Buatlah tiga bentuk objek seperti yang ditunjukkan pada gambar. Dengan warna Fill adalah R = 163, G = 165, B = 16.

Garden-Property-Flat-Design 10_1

Buat satu salinan lagi dari sarung tangan dan ubah warna menjadi lebih gelap ( R = 141, G = 139, B = 0 ). Tempatkan di belakang yang objek pertama.

Garden-Property-Flat-Design 10_2

 

 

Buat Kantong Bibit

Untuk membuat kantong bibit Anda akan membutuhkan kotak hijau R = 163, G = 165, B = 16 . Buat satu salinan lagi ( CTRL-C, CTRL-F ). Kemudian aktifkan Pen Tool (P) dan tambahkan satu anchor point pada bagian bawah persegi panjang hijau. Setelah selesai, pilih Delete Anchor Point Tool (-) dan keluarkan dua anchor point di sisi bawah persegi panjang untuk membuat segitiga (lihat gambar di bawah). Geser titik jangkar yang tersisa di ujung segitiga ke atas.

Garden-Property-Flat-Design 11_1

Sekarang buatlah salinan segitiga sebelumnya ( CTRL-C, CTRL-B ). Besarkan salinan baru dan atur warnanya ke R = 141, G = 139, B = 0 .

Garden-Property-Flat-Design 11_2

Pilih font favorit Anda dan ketik “Bibit” pada kantong. Warna yang digunakan untuk teks adalah R = 112, G = 50, B = 33 .

Garden-Property-Flat-Design 11_3

Buat bibit tunggal. Aktifkan oval menggunakan Ellipse Tool (L) (warna R = 226, G = 213, B = 45 ). Buat salinannya ( CTRL-C, CTRL-F ) dan atur warnanya ke R = 242, G = 235, B = 70 . Kemudian aktifkan Delete Anchor Point Tool (-) dan hapus anchor point yang ditandai pada gambar di bawah.

Garden-Property-Flat-Design 11_4

Salin Bibit tunggal untuk membuat tiga objek lainnya. Tempatkan pada kantong.

Garden-Property-Flat-Design 11_5

 

 

Buat Sekop Berkebun

Mulailah dengan membuat pegangan dengan Rounded Rectangle Tool , buat dua persegi panjang satu dengan warna oranye ( R = 245, G = 128, B = 37 ) dan satu dalam warna oranye gelap ( R = 219, G = 101, B = 22 ).

Garden-Property-Flat-Design 12_1

Tambahkan satu lagi Rounded Rectangle dengan warna biru ( R = 2, G = 155, B = 147 ).

Garden-Property-Flat-Design 12_2

Sekarang tambahkan bagian utama objek oval dari sekop warna biru ( R = 34, G = 188, B = 185 ). Anda perlu memilih anchor point kiri dan kanan menggunakan Direct Selection Tool (A) . Lalu pindahkan ke bawah.

Garden-Property-Flat-Design 12_3

Gabungkan semua bagian dan kelompokkan objek sekop.

Garden-Property-Flat-Design 12_4

 

 

Buat Objek Garpu Untuk Berkebun

Ambil objek yang telah Anda buat pada Langkah 12 dantambahkan  gambar persegi panjang yang lebih bundar seperti yang dapat Anda lihat pada gambar di bawah. Atur warnanya ke R = 34, G = 188, B = 185 .

Garden-Property-Flat-Design 13_1

Tambahkan tiga persegi panjang bulat yang serupa.

Garden-Property-Flat-Design 13_2

Berikan efek Arc pada tiga persegi panjang yang baru dibuat melalui menu Effect > Warp > Arc .

Garden-Property-Flat-Design 13_3

 

 

Letakkan Semua Objek Bersama

Anda dapat membawa semua bagian yang Anda buat bersama. Lihat bagaimana tampilannya!

Garden-Property-Flat-Design 14_1

Anda dapat menambahkan background. Buat persegi 600px di setiap sisi menggunakan Rectangle Tool (M) . Atur warna  R = 242, G = 237, B = 231 dan posisikan persegi panjang ke bagian belakang.

Garden-Property-Flat-Design Final

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *