Tutorial Membuat Daun “Flat Design” Sederhana di Adobe Illustrator CC

Tutorial Membuat Daun Flat Design Sederhana di Adobe Illustrator CC

Langkah 1

Ambil Ellipse Tool (L)  dan mari kita membuat oval hijau 120 x 250 px . Pilih anchor points atas dan bawah dengan Direct Selection Tool (A)  dan klik Convert selected anchor points to corner  di panel kontrol bagian atas dan buat ujungnya menjadi runcing.

Tutorial Membuat Daun Flat Design 01 di Adobe Illustrator CC

Langkah 2

Kita dapat menggunakan Guides untuk menyesuaikan panjang anchor, jika kita ingin membuat sisi objek lebih bulat. Cukup aktifkan Rulers (Control-R) dan geser Guides  ke bawah menuju Artboard. Setelah selesai, klik Guides tadi dan tekan Delete (Backspace pada Mac) untuk menghapusnya. Anda juga dapat menonaktifkannya di View > Guides > Clear Guides .

Gunakan Pen Tool (P)  dan tahan Shift  untuk menambahkan garis vertikal pada tengah objek. Buka panel Stroke (Window > Stroke) dan atur Weight menjadi 4 pt , opsi Cap ke Round Cap.

Mari pastikan bahwa objek kita pada posisi yang sesuai. Pilih daun dan garis dan buka panel Align (Window > Align ). Pilih Align to Artboard dan klik Horizontal Align Center  untuk menempatkan kedua elemen tepat di tengah.

Tutorial Membuat Daun Flat Design 02 di Adobe Illustrator CC

Langkah 3

Duplicate (Control-C > Control-V)  daun dan simpan objek hasil copy di suatu tempat, kita akan membutuhkannya untuk daun berikutnya.

Gunakan Pen Tool (P)  untuk membuat segitiga kecil di bagian atas daun. Pilih kedua objek daun dan segitiga lalu gunakan fungsi Minus Front  pada panel Pathfinder untuk membuat potongan.

Tambahkan potongan lain pada sisi daun yang berlawanan.

Finally daun kita sudah siap! Mari kita buat objek yang lain!

Tutorial Membuat Daun Flat Design 03 di Adobe Illustrator CC

Langkah 4

Ingat objek copy daun yang telah kita buat pada langkah sebelumnya? Sekarang saatnya menggunakannya! Pertama-tama, mari kita ubah warnanya menjadi biru muda.

Selanjutnya, pilih daun dan buka menu Effect > Distort & Transform > Zig Zag. Ubah Size menjadi 6 px, Ridges per Segment menjadi 1, Points menjadi Smooth.

Tutorial Membuat Daun Flat Design 04 di Adobe Illustrator CC

Langkah 5

Selanjutnya buka menu Object > Expand Appearance  untuk menerapkan efek dan menambahkan beberapa potongan ke daun.

Tutorial Membuat Daun Flat Design 05 di Adobe Illustrator CC

Langkah 6

Mari kita tambahkan tekstur ke daun kita. Pilih objek daun, lalu ke menu panel Tools dan klik Draw Inside pada sisi paling bawah panel (atau tekan Shift-D untuk beralih mode). Anda akan melihat garis putus-putus di sekitar objek, yang menunjukkan bahwa Anda dapat menggambar di dalamnya.

Ambil Pencil Tool (N)  dan pilih warna Stroke biru muda pada panel Color. Atur Weight ke 4 pt pada panel Stroke  dan mulai membuat garis bergelombang ke atas objek daun.

Tutorial Membuat Daun Flat Design 06 di Adobe Illustrator CC

Langkah 7

Setelah Anda selesai menambahkan tekstur garis, kembali ke mode Draw Normal  dengan mengklik ikon sisi bawah panel Tool  .

Tutorial Membuat Daun Flat Design 07 di Adobe Illustrator CC

Langkah 8

Gunakan teknik yang sama untuk menambahkan tekstur pada objek daun pertama sebelumnya. Buat pola garis berbeda, dengan mengubah arah garis.

Tutorial Membuat Daun Flat Design 08 di Adobe Illustrator CC

Langkah 9

Sekarang setelah daun kita siap, kita dapat duplicate (Control-C > Control-V) dan gabungkan objek hasil copy, buatlah komposisi yang menarik. Rotasi objek daunnya dan ubah skalanya. Kita juga dapat menggunakan Reflect Tool (O) dengan mengklik dua kali  untuk membalik beberapa daun secara vertikal, untuk menambahkan variasi ke desain ini.

Gunakan Ellipse Tool (L)  sambil menahan Shift  untuk menambahkan lingkaran kecil secara random.

Tutorial Membuat Daun Flat Design 09 di Adobe Illustrator CC

Langkah 10

Tambahkan lebih detail objek pelengkap, dengan menempatkan objek copy berwarna gelap pada objek daun di bawah objek utama ( Shift-Control- [ ).

Tutorial Membuat Daun Flat Design 10 di Adobe Illustrator CC

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *