Membuat Dokumen Baru
Kita dapat mulai dengan membuat sebuah dokumen baru ukuran 1000 x 1000 px .
Membuat Sketsa Dasar
Mari mencoba untuk membuat sketsa karakter, yang terbuat dari beberapa bentuk sederhana. Saya membuat objek tubuh yang besar dan beberapa objek yang lebih kecil untuk bagian wajah dan anggota badan. Gunakan warna abu-abu — itu berguna saat proses tracing, agar lebih mudah.
Jika Anda menggunakan gambar sketsa yang dibuat di luar Illustrator, lakukan import file (File > Place). Namun jika Anda menggambarnya langsung di ilustrator, lakukan grouping gambar (Control-G) dan Lock objek (Control‑2).
Cara Memulai Tracing
Dengan menggunakan Pen Tool (P ), kita akan menggambar ulang semua bagian tubuh karakter kita. Kita bisa mulai dengan bagian yang lebih besar dan perlahan menuju bagian yang lebih kecil. Pastikan warna Fill kosong dan Stroke berisi warna hitam.
Langkah 1
Pertama yang kita lakukan adalah membuat objek tubuh, sebagai bagian yang terbesar. Gunakan Pen Tool (P) untuk melakukan tracing pada garis-garis tubuh. Ingat, semakin sedikit anchor point yang Anda buat, semakin halus garis itu.
Langkah 2
Sekarang mari kita beralih ke bagian wajah. Cobalah untuk membuat objek lingkaran dengan hanya empat anchor point, sehingga akan terlihat lebih halus. Jika Anda belum menguasai Pen Tool , Anda dapat menggambar menggunakan Ellipse Tool (L).
Langkah 3
Mari kita tambahkan objek rambut. Cobalah untuk melakukan tracing sketsa di dalam lingkaran objek wajah.
Langkah 4
Copy objek wajah dan Paste it in front (Control-F) diatas objek rambut yang baru saja Anda buat.
Buka panel Pathfinder ( Window > Pathfinder ). Pilih objek rambut dan objek wajah dan gunakan perintah Intersect .
Dengan cara ini Anda akan mendapatkan objek baru dengan batas yang selaras dengan wajah.
Langkah 5
Anda dapat menggambar mata menggunakan Ellipse Tool (L) . Buat saja dua objek elips dan letakkan di atas objek mata pada sketsa.
Langkah 6
Setelah kita tracing objek mulutnya. Sekarang mari kita lanjutkan untuk tracing pada anggota badan.
Tracing objek tangan dengan hati-hati. Perhatikan jari-jari, karena objek tersebut memiliki banyak kurva. Cobalah untuk membuat anchor point lebih sedikit. Jika Anda merasa Pen Tool sulit, cobalah berlatih lebih dulu dengan membuat objek sederhana berupa lingkaran. Jika Anda seorang pemula Anda mungkin merasa sedikit rumit, tetapi seiring waktu hal itu akan jauh lebih mudah.
Langkah 7
Objek kaki akan menjadi tugas yang sedikit lebih mudah. Pertama-tama tracing objek kaki dan kemudian tambahkan alas kaki.
Langkah 8
Terakhir, tambahkan pakaian dan aksesoris pada karakter kita. Gunakan Ellipse Tool (L) untuk menggambar tiga lingkaran dan letakkan sesuai sketsa. Buatlah objek garis di sebelahnya, untuk memberikan kesan di mana mantel tumpang tindih.
Langkah 9
Unlock sketsa (Object > Unlock All) dan Delete sketsa itu. Anda akan melihat keseluruhan gambar secara garis besar. Terlihat bagus, bukan?
Memberi Warna pada Karakter
Mewarnai adalah fase ketiga dari tahap desain karakter. Kedengarannya seperti tugas termudah, tetapi kadang-kadang saya menghabiskan berjam-jam mencari palet yang sempurna. Untungnya, untuk tutorial ini kita hanya menggunakan beberapa warna.
Langkah 1
Pertama, mulailah dengan bagian tubuh. Pilih objek tubuh dan buka panel Swatches (Window > Swatches) . Pilih RGB Red dasar untuk warna Fill dan pastikan Stroke dalam keadaan none.
Langkah 2
Untuk wajah dan tangan, gunakan warna kulit. Saya menggunakan R255, G217, B186.
Langkah 3
Rambutnya bisa menggunakan warna oranye, matanya kebiru-biruan, dan mulutnya lebih gelap dari warna kulitnya.
Langkah 4
Kaki bisa diberi warna merah sama seperti tubuh, dan alas kaki dapat diberi warna lebih gelap (misalkan R137, G0, B0 ). Hal yang sama berlaku untuk kancing baju!
Untuk menambah kesan kedalaman pada karakter kita, kita dapat menambahkan beberapa detail seperti detail pada rambut dan bayangan.
Langkah 5
Mari kita tambahkan beberapa garis rambut. Jika Anda malas, Anda dapat menggambar satu dan kemudian menggandakan dan memutarnya.
Langkah 6
Untuk memberi kesan kedalaman lebih pada karakter, kita bisa menambahkan bayangan sederhana. Menggunakan Pen Tool , gambarkan bentuk yang sangat sederhana yang hanya akan menutupi sebagian kecil pada sisi kiri tubuh karakter.
Langkah 7
Copy bentuk tubuh, dan Paste in front diatas objek tubuh utama.
Buka panel Pathfinder. Pilih bentuk bayangan dan bentuk tubuh lalu gunakan perintah Intersect .
Pilih bentuk baru yang baru saja kita buat dan warnai abu-abu muda, semisal 30% abu-abu. Atur Blend Mode ke Multiply .
Finally!
Selamat! Anda baru saja menyelesaikan pembuatan karakter! Membuat karakter bisa menjadi proses yang singkat dan menyenangkan. Jangan takut untuk bereksperimen dengan bentuk dan warna baru.
Jika Anda ingin mengubah mood karakter, cukup ubah ekspresi wajahnya. Sebagai contoh, saya membuat dua ekspresi wajah dengan cara yang sama seperti sebelumnya. Dengan hanya mengubah beberapa elemen, dapat menggambarkan suasana hati sang karakter.