Tutorial Membuat Karakter Dinosaurus Lucu di Adobe Illustrator

Tutorial Flat Design Dinosaurus Lucu Adobe Illustrator

Karakter yang akan kita buat dalam tutorial ini adalah dinosaurus imut. Dengan bentuk bulat dan warna pastel memberikan kesan yang ramah, yang membuatnya sempurna untuk digunakan pada semua jenis proyek desain bertema anak-anak. Ilustrasi vektor seperti ini telah menjadi style yang sangat populer, di mana detailnya disederhanakan menjadi bentuk flat design.


Tahap 1

Mulailah dengan membuka Adobe Illustrator. Buat dokumen baru dan pilih tools Rounded Rectangle. Sambil menggambar bentuk, tekan tombol mouse kanan untuk memaksimalkan radius bagian sudut.

Tahap 2

Pilih rectangle tool dan buat objek untuk menyerupai kaki. Lalu pindah ke Selection tool dan tahan tombol Shift dan ALT sambil menarik objek ke samping untuk menduplikasinya. Ulangi proses ini untuk membuat empat kaki, tetapi sejajarkan kaki terakhir dengan ujung bentuk tubuh. Tips : Aktifkan Smart Guides pada bagian bawah menu view, untuk mempermudah memasang objek pada tempatnya.

Tahap 3

Beralih ke Direct Selection tool, lalu klik dan geser bagian tepi atas persegi panjang. Pada objek bagian kaki terakhir, tarik node ke atas sehingga objek membentuk pertemuan yang halus. Tahan tombol Shift untuk mengunci pergeseran titik node, agar tetap lurus.

Tahap 4

Pilih objek tubuh utama, seleksi bersamaan dengan objek kaki kedua dan terakhir, lalu klik tombol Unite yang berada pada panel Pathfinder untuk menyatukannya.

Tahap 5

Di bagian kosong pada dokumen, buat dua rounded rectangles untuk membentuk kepala. Pastikan pada bagian sisi kanan sejajar. Satukan objek-objek ini dengan  menu yang ada pada panel Pathfinder.

Tahap 6

Gunakan Ellipse tool untuk menggambar dua mata kecil dengan warna hitam, lalu gambar sebuah lingkaran dan beri warna stroke hitam. Gunakan Direct Selection tool untuk menghapus titik paling bawah, agar objek menjadi setengah lingkaran. Buat objek ini menjadi Round Cap dari dalam panel Stroke, lalu duplikat untuk membuat beberapa lubang hidung.

Tahap 7

Gambarlah lingkaran yang sedikit lebih besar di dalam area kepala dan berikan warna putih dengan stroke berwarna hitam.

Tahap 8

Beralih ke Selection tool dan geser objek ke samping sambil menahan ALT dan Shift. Gunakan Smart Guides untuk merapikan dengan sempurna proses duplikasinya. Gunakan pintasan CTRL+ D untuk ‘menggandakan’ tiga kali sehingga membentuk serangkaian objek selaras.

Tahap 9

Gunakan Line tool untuk menambahkan garis lurus pada bagian atas setengah lingkaran, sehingga tampak seperti mulut. Klik opsi Round Cap pada panel Stroke untuk menumpulkan ujungnya.

Tahap 10

Pilih semua objek yang membentuk mulut dan pilih menu Object > Transform> Envelope Distort. Pilih opsi Arc style dan sesuaikan bend sekitar 17%.

Tahap 11

Posisikan bagian kepala agar sejajar dengan tubuh, lalu gambar rectangle untuk membentuk dasar leher panjang, menggunakan Smart Guides untuk  membantu mengunci objek agar tetap pada tepi garis.

Tahap 12

Gunakan Direct Selection tool untuk memindahkan titik kiri atas agak ke dalam untuk mengubah bentuk keseluruhan leher, sehingga tampak meruncing.

Tahap 13

Gambar lingkaran dengan Ellipse tool, lalu ALT + geser duplikat untuk membuat tumpang tindih dengan aslinya. Klik opsi Subtract dari panel Pathfinder untuk membuat objek bulan sabit.

Tahap 14

 


 

Read-More-Button

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *