Tips Membuat Style Flat Design Sendiri

Langkah membuat flat design 01

Apa pun genre yang dipilih seorang digital artist untuk sisi profesionalnya, salah satu tantangan paling penting dan paling sulit adalah menemukan style kreatif sendiri. Hari ini kita akan membahas tema ini bersama seorang desainer grafis Tubik Yaroslava Yatsuba, yang telah berpengalaman dalam seni tradisional dan digital. Dia tertarik untuk berbagi beberapa tips dan praktik bermanfaat yang membantu desainer menemukan dan mempertahankan gaya mereka sendiri dalam ilustrasi flat bisnis dan tema untuk berbagai keperluan. Mari kita pertimbangkan apa yang bisa dilakukan oleh desainer grafis agar tidak tenggelam dalam beragam gaya dan mampu menciptakan kolam ikan emas mereka sendiri untuk memenuhi tujuan profesional.

Tips membuat flat design 01

Berikut adalah tips untuk membuat ilustrasi flat design dari seorang desainer grafis Tubik Yaroslava Yatsuba yang berpengalaman dalam praktek sehari-harinya.

Langkah awal dapat diawali dari bentuk geometri sederhana

Bawalah buku sketsa Anda dan sebuah pensil dan buat sketsa cepat dengan tangan. Sketsa akan mempersingkat waktu dibandingkan dengan membuat gambar digital. Selain itu, ini akan membantu anda dengan cepat dalam menemukan garis-garis tebal serta lekukan yang halus atau pose dalam karakter. Setelah membuat sketsa, luangkan waktu Anda dan analisis, lalu coba bereksperimen. Cobalah bentuk-bentuk yang dipertegas, berbentuk bulat, atau sebaliknya.

Tips membuat flat design 02

Tips membuat flat design 03

Menganalisa karya seni ilustrator lain untuk referensi

Jangan lewatkan kesempatan untuk memahami prinsip dan pendekatan apa yang mereka terapkan. Pertimbangkan elemen atau solusi warna mana yang membuat karya seni mereka menarik bagi Anda.

Buatlah perspektif dan komposisi yang menarik

Salah satu faktor ilustrasi yang bagus adalah pilihan perspektif dan komposisi yang menarik. Pastikan komposisinya seimbang jika Anda perlu mengekspresikan keadaan tertentu – atau sengaja dimiringkan jika Anda ingin menunjukkan dinamika atau ketegangan. Jika komposisinya multidimensi, perencanaan harus ditunjukkan dengan jelas: buat aksen pada komposisi utama karakter atau pada posisi elemen utama. Anda juga dapat menambahkan ritme pada komposisi dengan menskalakan elemen atau aksen warna.

Tips membuat flat design 03

Setelah memutuskan komposisi, bayangkan bagaimana point view apabila dilihat dari sudut yang berbeda : dalam sudut perspektif dengan titik konvergensi ketiga, melalui lensa fish eye, dari sudut pandang anak berusia 3 tahun atau sebaliknya bagaimana seorang pemain bola basket yang sangat tinggi akan melihatnya. Trik ini akan membantu Anda untuk memahami sudut mana yang paling menarik untuk tujuan dan pesan ilustrasi.

Tips membuat flat design 05

Cobalah untuk menerapkan metafora yang akan membantu menampilkan ide di balik ilustrasinya. Jangan hanya berpegang pada ide pertama yang terlintas dalam pikiran: risikonya tinggi karena akan tersebar luas dan tidak akan terlihat cukup orisinal sehingga benar-benar kurang menarik perhatian.

Tips membuat flat design 06

Palet warna yang dipilih dengan cermat akan membantu memperkuat ide dan pesan, itu akan mengatur suasana hati yang sesuai dan memberi aksen pada apa yang utama. Pertahankan kontras warna dari semua komposisi: untuk memastikan warna yang tepat, preview ilustrasi dalam mode hitam-putih – itu harus tetap kontras dan terbaca dengan baik.

Tips membuat flat design 07

Penggunaan tekstur menambah detail gambar, memberikan kontribusi individualitas dan efek “buatan tangan”. Juga, ini akan menghaluskan gambar vektor. Tekstur dapat meniru :

  • bahan dan detail fisik nyata (seperti goresan)
  • detail geometris (garis, titik)
  • barang-barang buatan tangan dengan garis tidak ideal / hidup

Selain itu, foto berwarna dan pola penuh warna dapat digunakan untuk membuat efek karya applique. Semua varian yang disebutkan dapat digunakan baik secara terpisah maupun dalam kombinasi, dengan cara ini anda dapat mengembangkan style artistik pribadi ketika Anda membuat grafik flat design.

Tips membuat flat design 08

Hasil inti dari semua tips diatas, kita dapat mendefinisikan fitur ilustrasi desain flat dengan efektif.

  • Style Original
  • Berani Explore Komposisi Berbeda
  • Berani Explore Perspektif yang tidak biasa
  • Menentukan Palet warna dengan cermat
  • Menerapkan tekstur
  • Penggunaan metafora

Cobalah mengaplikasikan daftar ini untuk eksperimen desain Anda untuk membuat ilustrasi flat design, secara perlahan akan mengarahkan Anda ke kolam ikan emas sehingga menciptakan style Anda sendiri.

Tips membuat flat design 09

Tips membuat flat design 10

Langkah membuat flat design 00

Tips membuat flat design 11

Tips membuat flat design 12

Tips membuat flat design 13

Tips membuat flat design 14

Tips membuat flat design 15

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *