Tutorial Pictorial Mark Logo “Flat Chicken” di Illustrator

tutorial-membuat-pictorial-mark-logo-flat-chicken-di-adobe-illustrator 01

 

Berdasarkan teori desain logotype, kita harus memulai sebuah pekerjaan melalui sketsa, yang akan sangat membantu kita dalam membuat konsep lebih efektif efektif, komposisi objek, dan mengexplore ide yang unik. Buatlah sketsa sebanyak mungkin, lalu kemudian pilih mana yang paling cocok. Langkah awal ini biasanya membutuhkan waktu yang lebih lama daripada membuat logo itu sendiri, jadi buatlah sketsa konsep kalian dengan sebaik-baiknya.

Dalam tutorial kali ini, kita dapat menggunakan sketsa yang telah disediakan. Lakukan save pada gambar di bawah ini ke hard drive kalian dan kemudian lakukan File > Place di New Document di Adobe Illustrator.

tutorial-membuat-pictorial-mark-logo-flat-chicken-di-adobe-illustrator 02

 

Langkah awal kita mulai dengan membuat sebuah objek lingkaran menggunakan Ellipse Tool (L).  Kita tidak perlu terlalu dengan warna pada langkah ini, karena kita akan lebih fokus pada bentuk dan komposisi logo kita.

Poisisikan gambar sketsa di atas dan ubah Blending Mode ke Multiply atau kurangi Opacity pada Transparency Panel, untuk membuat objek menjadi semi-transparan. Lalu tambahkan objek lingkaran lagi, untuk membuat bentuk-bentuk seperti yang terlihat pada sketsa dibawah.

tutorial-membuat-pictorial-mark-logo-flat-chicken-di-adobe-illustrator 03

 

Gunakan opsi Minus Front pada Pathfinder untuk memotong objek lingkaran bagian dalam, sehingga terbentuk objek bulan sabit untuk tubuh ayam.

tutorial-membuat-pictorial-mark-logo-flat-chicken-di-adobe-illustrator 04

 

Buat dua objek lingkaran lagi, lalu letakkan di atas objek tubuh ayam dan gunakan fungsi Minus Front lagi, untuk membentuk objek sayap ayam.

tutorial-membuat-pictorial-mark-logo-flat-chicken-di-adobe-illustrator 05

 

Copy objek sayap lalu gunakan opsi Place it in Back (Control-C > Control-B). Putar sedikit objek copy sehingga menjadi lebih rendah, lalu berikan warna yang lebih gelap, untuk membentuk objek sayap kedua.

tutorial-membuat-pictorial-mark-logo-flat-chicken-di-adobe-illustrator 06

 

Mari kita menambahkan objek paruh pada ayam kita. Copy objek tubuh utama dan ubah warnanya menjadi merah. Lalu perbesar objek dan rotasi sedikit, letakkan ujung atas bulan sabit di tempat objek paruh seharusnya, sesuaikan dengan sketsa yang ada.

tutorial-membuat-pictorial-mark-logo-flat-chicken-di-adobe-illustrator 07

Dengan menggunakan Shape Builder Tool (Shift-M) hapuslah objek berwarna merah yang tidak dibutuhkan pada sisi kanan tubuh ayam dengan klik menggunakan tombol kiri mouse sambil menahan tombol Alt . Tambahkan lagi objek paruh bagian bawah, dan buatlah warna menjadi sedikit lebih gelap.

tutorial-membuat-pictorial-mark-logo-flat-chicken-di-adobe-illustrator 08

 

Mari kita tambahkan lebih banyak detail pada logo ayam kita, agar menjadi lebih menarik. Pertama-tama, tambahkan objek lingkaran besar di atas objek ayam tanpa warna fill dan stroke tipis, seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini. Selanjutnya pilih objek lingkaran yang telah dibuat dan objek tubuh dasar ayam dan gunakan opsi Divide pada Pathfinder untuk memisahkan objek. Ubah warna objek yang dihasilkan menjadi abu-abu terang.

tutorial-membuat-pictorial-mark-logo-flat-chicken-di-adobe-illustrator 09

 

Tambahkan lingkaran lagi dan potong bagian atasnya seperti yang kita lakukan sebelumnya, beri warna objek dengan warna lebih gelap.

tutorial-membuat-pictorial-mark-logo-flat-chicken-di-adobe-illustrator 10

 

Tambahkan lagi objek kecil dengan menggunakan lingkaran di bawah sayap ayam, untuk membuat bayangan halus.

tutorial-membuat-pictorial-mark-logo-flat-chicken-di-adobe-illustrator 11

 

Akhiri dengan menambahkan objek garis paling tipis dan paling kecil, seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.

tutorial-membuat-pictorial-mark-logo-flat-chicken-di-adobe-illustrator 12

 

Selanjutnya kita akan membuat brush pada Adobe Illustrator, untuk membuat detail kecil. Mari kita membuat beberapa brush sendiri untuk menyederhanakan objek bulu dan beberapa elemen background logo kita.

Buat objek lingkaran dengan Ellipse Tool (L) dan tarik anchor point bawah sedikit turun ke bawah, untuk membuat sudut runcing dengan menggunakan  Convert Anchor Point Tool (Shift-C). Geser objek yang telah dibuat ke Panel Brushes , untuk membuat Art Brush baru dengan pengaturan default.

tutorial-membuat-pictorial-mark-logo-flat-chicken-di-adobe-illustrator 13

Buat beberapa stroke, dan jika kalian melihat stroke yang kurang bagus, coba putar objeknya 90 derajat sebelum di convert menjadi Art Brush.

tutorial-membuat-pictorial-mark-logo-flat-chicken-di-adobe-illustrator 14

 

Gunakan brush yang dibuat untuk membuat bulu pada ekor dan mahkota ayam. Object > Expand objek yang dibuat. Untuk membuat objek menjadi terpisah, sehingga lebih mudah untuk diwarnai kembali.

tutorial-membuat-pictorial-mark-logo-flat-chicken-di-adobe-illustrator 15

 

Lanjutkan dengan menambahkan objek dan mengubahnya menjadi Art Brush sederhana lainnya. Buat elips yang diekstrusi secara horizontal menggunakan Ellipse Tool (L) dan ubah achor point sisi kiri kanan menjadi sudut yang tajam dengan klik menggunakan Convert Anchor Point Tool (Shift-C). 

tutorial-membuat-pictorial-mark-logo-flat-chicken-di-adobe-illustrator 16

 

Geser objek yang dibuat ke Brushes Panel dan buat Art Brush. Atur Colorization Method ke Hue Shift agar dapat mengubah Stroke Color dari brush. Buat beberapa brush halus, untuk menggambarkan padang rumput hijau di bawah logo ayam ini.

tutorial-membuat-pictorial-mark-logo-flat-chicken-di-adobe-illustrator 17

 

Object > Expand pada objek rumput dan tambahkan lingkaran kuning untuk matahari, letakkan di belakang semua objek dengan shortcut Shift-Control- [.

tutorial-membuat-pictorial-mark-logo-flat-chicken-di-adobe-illustrator 18

 

Tambahkan lingkaran kecil lagi di dalam objek matahari, lalu potong bagian yang tidak dibutuhkan di sisi bawah objek menggunakan Shape Builder Tool (Shift-M).

tutorial-membuat-pictorial-mark-logo-flat-chicken-di-adobe-illustrator 19

 

Mari ramaikan objek kita dengan melukis menggunakan warna-warna cerah dan segar. Mulailah dengan menerapkan warna biru pada logo ayam ini, berikan gradasi dari warna biru terang bagian kiri ke warna biru gelap bagian kiri karakter.

Anda dapat menyesuaikan dengan palet warna pada screenshot di bawah, kalian bisa salin kode warna / cukup gunakan Eyedropper Tool (I) untuk memilih warna langsung pada tangkapan screenshot gambar.

tutorial-membuat-pictorial-mark-logo-flat-chicken-di-adobe-illustrator 20

 

Jika kita memperhatikan struktur dan geometri elemen utama objek kita, kita akan melihat kombinasi lingkaran konsentris yang bagus, yang membuat garis-garis objek terlihat halus dan indah.

tutorial-membuat-pictorial-mark-logo-flat-chicken-di-adobe-illustrator 21

 

Mari kita tambahkan background untuk membuat komposisi agar terlihat lengkap. Buat objek kotak dengan Rectangle Tool (M) berukuran 600 x 600 px dan beri warna gradasi radial yang halus menggunakan warna krem ​​muda ke krem ​​gelap untuk tepi object.

tutorial-membuat-pictorial-mark-logo-flat-chicken-di-adobe-illustrator 22

 

Selanjutnya kita perlu menambahkan tekstur untuk menekankan karakter elemen logo pada background. Copy objek background dan Paste in Front (Control-C> Control-F) . Buka Panel Swatch kalian dan klik pada Swatch Libraries Menu. Buka menu Patterns > Basic Graphics > Basic Graphics_Textures dan temukan tekstur kotak-kotak dengan nama Diamond”. Terapkan tekstur diamond ke objek background yang telah dibuat dan atur Blending Mode menjadi Multiply, dan kurangi Opacity menjadi 20%.

 

tutorial-membuat-pictorial-mark-logo-flat-chicken-di-adobe-illustrator 23

 

Logo biasanya digunakan tidak hanya dalam versi berwarna, seperti di situs web perusahaan atau pada kartu nama, tetapi juga dipergunakan dalam versi hitam dan putih, seperti dalam dokumen dan elemen identitas perusahaan.

Mari kita sederhanakan objek ayam kita dengan mengurangi jumlah detail pada tubuhnya, sehingga menyisakan bentuk dasar tubuh, highlight pada tepi, dan beberapa bayangan di paruh dan di bawah sayap. Gunakan warna abu-abu paling terang untuk siluet ayam dan yang paling gelap untuk elemen background (rumput dan matahari).

Seperti yang kalian lihat, saya telah menambahkan garis abu-abu dengan warna lebih terang pada belakang objek untuk memisahkannya dari background. Jika kalian ingin menambahkan garis besar objek yang serupa, pilih semua elemen, Group objek  (Control-G)Copy, dan Paste in Back (Control-C > Control-B). Beri warna objek hasil copy yang dibuat dengan warna abu-abu yang lebih terang, buatlah sedikit lebih besar, dan geser ke bawah dengan menekan tombol panah ke bawah beberapa kali.

tutorial-membuat-pictorial-mark-logo-flat-chicken-di-adobe-illustrator 24

 

Coba tambahkan versi abu-abu yang sama dengan logo kita, tapi dengan menggunakan background yang gelap dan lihatlah seperti apa hasilnya. Elemen-elemennya masih tetap terlihat dan kontras. Saya telah mengubah warna garis menjadi abu-abu gelap, untuk menampilkan logo ini di atas background gelap.

tutorial-membuat-pictorial-mark-logo-flat-chicken-di-adobe-illustrator 25

 

Berikut adalah tampilan versi warna abu-abu, apabila diaplikasikan pada dokumen mock-up sederhana.

tutorial-membuat-pictorial-mark-logo-flat-chicken-di-adobe-illustrator 26

 

Good Work! Kita telah berhasil membuat logo sederhana dan stylish dengan garis-garis dan objek halus. Kami harap kalian menemukan beberapa tips dan trik yang berguna pada tutorial kali ini, sehingga akan membantu kalian saat membuat logo menjadi lebih luar biasa!

tutorial-membuat-pictorial-mark-logo-flat-chicken-di-adobe-illustrator 01

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *