Tutorial “Flat Design” Vektor Halloween Pumpkin di Adobe Illustrator

Tutorial Flat Design Vector Halloween Pumpkin di Adobe Illustrator

Langkah 1

Mari kita mulai dengan membuat ilustrasi labu dari sebuah lingkaran. Ambil Ellipse Tool (L) dan buat lingkaran orange 340 x 330 px .

Tutorial Flat Design Vektor Halloween Pumpkin 01

Langkah 2

Ambil Pencil Tool (N) dan gambar garis melengkung melintasi bagian bawah labu (Anda dapat mengatur warna Fill menjadi None pada panel Color untuk lebih mudah diatur ).

Pilih garis dan lingkaran dan klik Divide pada panel Pathfinder ( Window > Pathfinder ). Dengan cara ini kita dapat memotong ilustrasi labu menjadi dua bagian. Hapus bagian bawah, untuk membuat bagian bawah labu menjadi rata.

Tutorial Flat Design Vektor Halloween Pumpkin 02

Langkah 3

Mari kita membagi bagian atas juga, tetapi kali ini gambar garis lurus menggunakan Line Segment Tool (\). Divide bagian atas pada panel Pathfinder dan geser objek, Putar sedikit, untuk membuat labu menjadi lebih menarik

Tutorial Flat Design Vektor Halloween Pumpkin 03

Langkah 4

Gunakan Ellipse Tool (L) untuk membuat elips cukup lebar agar sesuai dengan sisi atas labu, seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

Duplicate (Control-C > Control-F) elips yang dibuat, lalu buat object copy menjadi sedikit lebih kecil. Isi dengan warna lebih gelap, untuk membuat dimensi bagian dalam labu.

Tutorial Flat Design Vektor Halloween Pumpkin 04

Langkah 5

Sekarang mari kita buat objek mata. Buat elips 70 x 30 px . Pilih anchor points kiri dan kanan dengan Direct Selection Tool (A) dan klik Convert selected anchor points to corner di panel kontrol bagian atas. Dengan cara ini kita membuat sudut menjadi runcing.

Tutorial Flat Design Vektor Halloween Pumpkin 05

Langkah 6

Pilih objek yang telah dibuat diatas dan lalu buka menu Effect > Warp > Arc . Atur nilai Horizontal Bend menjadi 65%.

Klik OK dan buka menu Object > Expand Appearance untuk mengaplikasikan efek yang dibuat.

Tutorial Flat Design Vektor Halloween Pumpkin 06

Langkah 7

Duplicate objek dua kali (Control-C > Control-F > Control > F) dan pindahkan objek hasil copy ke depan, lalu geser ke bawah dan kanan sedikit. Lalu beri warna objek sisi belakang dengan warna orange terang seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

Pilih dua objek hasil copy (satu di atas dan satu di bawahnya) lalu klik Minus Front pada panel Pathfinder . Dengan cara ini anda dapat memotong objek hasil copy bagian depan, agar sesuai dengan bentuk objek mata.

Tutorial Flat Design Vektor Halloween Pumpkin 07

Langkah 8

Group (Control-G) bagian mata dan mari kita buat objek copy untuk mata kedua. Klik dua kali Reflect Tool (R) pada panel Tools, pilih Vertical Axis dan klik tombol Copy untuk mencerminkan objek mata. Lalu pindahkan ke sisi berlawanan dari objek mata sebelumnya.

Duplicate objek mata sebelumnya dan putar secara terbalik. Lalu buat objek hasil copy tadi menjadi jauh lebih besar, untuk membuat kesan objek mulut yang seolah sedang tersenyum.

Tutorial Flat Design Vektor Halloween Pumpkin 08

Langkah 9

Mari kita tambahkan sentuhan tekstur kepada ilustrasi labu ini.

Pilih objek labu dan berikan warna orange pada Stroke di Color panel.

Buka panel Brushes ( Window > Brushes ) dan pergi ke Brush Libraries Menu (ikon kecil pada sudut kiri bawah panel). Lalu pilih menu Artistik > Artistic_ChalkCharcoalPencil dengan opsi default. Selanjutnya, pilihlah brush bertekstur yang sesuai keinginan Anda. Disini saya akan menggunakan brush Pencil – Feather. Lalu sesuaikan warna Stroke agar sesuai dengan warna labu.

Tutorial Flat Design Vektor Halloween Pumpkin 09

Langkah 10

Kita dapat mengklik dua kali brush yang terpilih pada Brushes panel, untuk membuka jendela Art Brush Options. Lalu atur Colorization Method menjadi Hue Shift. Dengan cara ini akan lebih mudah untuk mendapatkan warna yang diinginkan. Namun, jika Anda ingin brush stroke yang sama persis dengan warna pada objek, Anda bisa pergi ke Object > Expand Appearance dan ubah outline menjadi objek. Kemudian kita dapat menggunakan Eyedropper Tool (I) untuk mendapatkan warna pada objek labu dan menerapkannya pada objek yang diinginkan.

Tutorial Flat Design Vektor Halloween Pumpkin 10

Langkah 11

Sekarang mari kita ambil Paintbrush Tool (B) , pilih Pencil – Thick brush dan buat garis stroke berwarna orange terang pada objek labu. Selanjutnya tambahkan lebih banyak garis stroke, untuk membuat objek labu lebih menarik.

Selanjutnya kita dapat memilih objek mata dan mulut, lalu tekan Shift-Control-] untuk memindahkan posisi objek ke atas layer, posisikan di atas elemen garis.

Tutorial Flat Design Vektor Halloween Pumpkin 11

Langkah 12

Sekarang mari kita tambahkan batang tanaman menjulur pada sisi atas. Dengan menggunakan Pencil Tools (N) atau Brush Tools (B), untuk membuat objek tanaman menjulur. Lalu pergunakan brush Charcoal – Thick pada objek tanaman menjulur dan berilah warna hijau gelap.

Tutorial Flat Design Vektor Halloween Pumpkin 12

Langkah 13

Gunakan Ellipse Tool (L) untuk membuat objek daun, dengan menggunakan teknik Convert. Seperti yang telah dilakukan sebelumnya pada proses pembuatan objek mata.

Gandakan objek daun yang dibuat beberapa kali. Lalu putar, ubah ukuran, dan beri warna untuk objek hasil copy, kemudian tambahkan sedikit variasi ke project ini.

Tutorial Flat Design Vektor Halloween Pumpkin 13

Langkah 14

Finishing project labu ini dengan menambahkan objek bayangan elips sisi bawah. Selanjutnya pergunakan Brush Tools (B) untuk menambahkan beberapa garis stroke pada semua sisi labu, sehingga lebih terlihat bertekstur dan lebih detail.

Tutorial Flat Design Vector Halloween Pumpkin di Adobe Illustrator

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *