Tutorial Membuat Vektor Telur di Adobe Illustrator CC

Tutorial Membuat Vektor Telur di Adobe Illustrator CC

 

Langkah 1

Mari kita mulai membuat telur dari lingkaran. Ambil  Ellipse Tool (L),  tahan  Shift dan buat lingkaran 210×210 px warna abu-abu terang dengan Stroke ungu tua. Anda dapat mengatur ukuran objek yang diinginkan pada panel kontrol atas atau pada panel Transform  (Window > Transform).

Pergi ke panel Stroke (Window > Stroke) dan atur Weight menjadi  5 pt, Align Stroke to Outside. Kita akan menerapkan pengaturan Stroke yang sama untuk semua objek pada stroke yang akan kita buat selanjutnya.

Tutorial Membuat Vektor Telur di Adobe Illustrator CC 01

 

Langkah 2

Copy objek lingkaran dan Paste in Front (Control-C > Control-F). Atur ukuran objek hasil copy menjadi lebih kecil, menjadi  105×105 px  dan ubah warna Fill menjadi kuning. Pastikan bahwa Weight Stroke pada objek baru diatur menjadi 5 pt  juga.

Tutorial Membuat Vektor Telur di Adobe Illustrator CC 02

 

Langkah 3

Mari kita tambahkan mata untuk membuat telur terlihat seperti karakter kartun. Buat lingkaran 22×22 px dengan Stroke ungu gelap  5 pt dan No Fill .

Ambil Scissors Tool (C) dan klik pada kedua titik anchor points untuk memisahkan objek. Hapus bagian bawah, agar membentuk kelopak mata melengkung. Pastikan bahwa opsi Cap  diatur menjadi Round Cap di panel Stroke untuk membuat ujung stroke membulat.

Duplicate (Control-C > Control-F) objek yang dibuat untuk menambahkan mata pada kedua sisi yang berlawanan dari kuning telur dan buat objek copy lagi untuk mulut, putarlah agar posisi terbalik.

Tutorial Membuat Vektor Telur di Adobe Illustrator CC 03

 

Langkah 4

Duplicate (Control-C > Control-F) objek kuning telur dan atur Stoke ke  none . Buat objek salinannya menjadi sedikit lebih kecil dan lebih terang, dengan cara akan terbentuk bayangan di tepi kuning telur.

Finishing objek “wajah” telur dengan menambahkan detail kecil, seperti highlight putih bulat dan lingkaran bintik-bintik merah muda untuk blush on.

Tutorial Membuat Vektor Telur di Adobe Illustrator CC 04

 

Langkah 5

Mari kita tambahkan beberapa variasi ke putih telur. Pilih objek lingkaran abu-abu dan terapkan Effect > Distort & Transform > Roughen. Atur Size menjadi 2%, Detail menjadi 5 dan Points menjadi Smooth, untuk membuat tepi garis bergelombang. Pergi ke Object > Expand Appearance untuk menerapkan efek.

Duplicate (Control-C > Control-F) objek bergelombang dan atur warna Fill -nya menjadi putih, warna Stroke menjadi none. Lalu buat objek salinannya menjadi sedikit lebih kecil, sehingga membentuk bayangan lembut di bagian tepi telur.

Tutorial Membuat Vektor Telur di Adobe Illustrator CC 05

 

Langkah 6

Tambahkan pola bintik lingkaran abu-abu muda di seluruh putih telur, menggunakan  Ellipse Tool (L)  untuk membuat telur lebih detail.

Sekarang setelah telur kita selesai, kita dapat Group (Control-G) semua elemen.Tutorial Membuat Vektor Telur di Adobe Illustrator CC 06

 

Langkah 7

Sekarang kita akan menambahkan wajan. Buat lingkaran ungu tua dengan ukuran 270×270 px dan tanpa Stroke . Letakkan di bawah objek telur, dengan menariknya ke bawah di panel Layers atau dengan menekan  Shift-Control- [.

Copy objek lingkaran dan Paste in Back (Control-C > Control-B). Buat salinan objek menjadi lebih besar hingga  305×305 px. Lalu buat warna Fill menjadi lebih terang dan tambahkan Stroke warna ungu gelap dengan Weight 5 pt.

Tambahkan beberapa bayangan tipis di tepi bawah objek, seperti yang kita lakukan sebelumnya.

Tutorial Membuat Vektor Telur di Adobe Illustrator CC 07

 

Langkah 8

Mari kita tambahkan gagang wajan. Gunakan Rounded Rectangle Tool untuk membuat objek 170×35 px dengan Stroke ungu tua. Buat sudut sepenuhnya membulat dengan menyesuaikan Radius Sudut dari panel Transform (Window > Transform).

Duplicate (Control-C > Control-F) objek dan edit objek hasil copy, untuk membuat bayangan halus.

Tutorial Membuat Vektor Telur di Adobe Illustrator CC 08

 

Langkah 9

Tambahkan objek lingkaran 15×15 px pada sisi kiri gagang wajan. Copy objek lingkaran dan Paste in Front (Control-C > Control-F)..

Mari kita hilangkan objek lingkarannya. Pilih salah satu salinan objek lingkaran dan objek ungu teratas dan terapkan Minus Front pada panel Pathfinder .

Ulangi hal yang sama untuk objek lingkaran kedua dan persegi panjang, untuk membuat lubang.

Tutorial Membuat Vektor Telur di Adobe Illustrator CC 09

 

Langkah 10

Group (Control-G)  semua elemen wajan, lalu putar 45 derajat dan letakkan objek gagang ke tepi wajan,  letakkan objek gagang dibawah objek wajan (Shift-Control-[).

Tutorial Membuat Vektor Telur di Adobe Illustrator CC 10

 

Finally! Selamat sarapan!

Kita dapat menambahkan beberapa teks sederhana dengan  Type Tool (T).

Tutorial Membuat Vektor Telur di Adobe Illustrator CC

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *