Tutorial Membuat “Flat Design” Kincir Angin di Adobe Illustrator

Tutorial Membuat Flat Design Kincir Angin di Adobe Illustrator

Langkah 1

Untuk langkah awal pembuatan kincir angin vektor ini, pertama-tama ambil Rectangle Tool (M) dan buat objek dasar bangunan dari persegi panjang putih 120 × 140 px .

Sekarang ambil Free Transform Tool (E) dan klik dan tahan salah satu anchor points bagian atas. Tekan Alt-Control-Shift dan pindahkan titik agar menjadi lebih dekat ke tengah sisi tepi atas, dengan cara ini akan membuat bagian atas persegi panjang menjadi lebih kecil.

Tahap 1-Membuat-Flat-Design-Kincir-Angin-di-Adobe-Illustrator

Langkah 2

Gunakan Pen Tool (P) untuk membuat anchor points tambahan pada bagian tengah tepi atas atau buka menu Object > Path > Add Anchor Points .

Pilih titik yang telah dibuat dengan Direct Selection Tool (A) dan geser ke atas, untuk membuat bagian atas objek menjadi runcing.

Tahap 2-Membuat-Flat-Design-Kincir-Angin-di-Adobe-Illustrator

Langkah 3

Gunakan Rounded Rectangle Tool untuk membuat objek coklat 110 × 10 px dengan jari-jari Corner 5 px pada bagian atas bangunan.

Gunakan Rectangle Tool (M) untuk menambahkan objek pintu dengan ukuran 40 × 50 px. Pilih kedua sudut atas pintu menggunakan Direct Selection Tool (A) dan tarik tanda berupa lingkaran pada Live Corners untuk membuat bagian atas objek membulat 20 px.

Tambahkan persegi panjang dengan sudut tumpul lagi di atas pintu.

Untuk memastikan semuanya tertata sempurna, pilih semua elemen objek dan klik Horizontal Align Center pada panel Align (Window > Align).

Tahap 3-Membuat-Flat-Design-Kincir-Angin-di-Adobe-Illustrator

Langkah 4

Pilih pintu menggunakan Selection Tool (V) , tahan Alt-Shift dan geser ke atas, untuk membuat salinan menjadi objek jendela.

Pastikan objek jendela yang telah dibuat masih dalam kondisi terpilih, buka menu Object > Path> Offset Path. Atur nilai Offset menjadi -5 px dan klik OK. Untuk membuat objek kusen pada jendela.

Tahap 4-Membuat-Flat-Design-Kincir-Angin-di-Adobe-Illustrator

Langkah 5

Mari tambahkan beberapa efek batu bata pada bagian bawah objek kincir angin ini. Buatlah objek persegi panjang 25 × 10 px dengan warna kelabu muda dengan radius sudut 5 px.

Tambahkan lebih banyak batu bata dan buat beberapa di antaranya melewati tepi objek kincir angin.

Pilih objek utama kincir angin dan batu bata yang melewati sisi tepi. Ambil Shape Builder Tool (Shift-M) , tahan Alt dan klik pada potongan yang perlu kita hapus.

Tahap 5-Membuat-Flat-Design-Kincir-Angin-di-Adobe-Illustrator

Langkah 6

Sekarang mari kita mewarnai bagian atapnya. Pilih objek persegi panjang dengan sudut tumpul dan duplicate objek itu (Control-C > Control-F). Tetap pilih objek salinan teratas, ambil Knife tools dan buat garis melewati objek hasil copy, pisahkan bagian atas segitiga.

Sekarang kita dapat memilih objek segitiga yang dibuat dengan Direct Selection Tool (A) dan ubah warnanya menjadi cokelat gelap.

Tahap 6-Membuat-Flat-Design-Kincir-Angin-di-Adobe-Illustrator

Langkah 7

Mari kita membuat objek kincir angin dari persegi panjang 30 × 130 px . Atur warna Fill -nya menjadi oranye gelap dan warna Stroke -nya menjadi oranye terang. Buka panel Stroke (Window > Stroke) dan atur Weight menjadi 5 pt, Align Stroke menjadi Inside.

Gunakan Line Segment Tool (\) sambil menahan Shift untuk membuat garis vertikal diatas objek persegi panjang. Atur Weight menjadi 5 pt . Gunakan panel Align untuk memusatkan kedua objek secara horizontal.

Tahap 7-Membuat-Flat-Design-Kincir-Angin-di-Adobe-Illustrator

Langkah 8

Tambahkan garis horizontal pendek di sepanjang persegi panjang. Pilih objek dengan Selection Tool (V) , tahan Alt-Shift dan geser ke bawah untuk membuat objek salinan. Tekan Control-D beberapa kali untuk membuat lebih banyak objek salinan.

Tahap 8-Membuat-Flat-Design-Kincir-Angin-di-Adobe-Illustrator

Langkah 9

Group (Control-G) semua elemen kincir angin dan klik dua kali Reflect Tool (O). Cerminkan objek ke atas Horizontal Axis dan klik Salin.

Tahan Shift dan geser hasil objek  salinan ke bawah. Buat lingkaran 20 × 20 px pada titik di mana dua objek kincir angin bertemu.

Tahap 9-Membuat-Flat-Design-Kincir-Angin-di-Adobe-Illustrator

Langkah 10

Pilih dua objek kincir angin yang telah kita buat dan duplicate (Control-C > Control-F) . Rotate objek hasil salinan 90 derajat menggunakan Selection Tool (V).

Pasang objek kincir angin ke objek utama dan putar keseluruhan objek kincir angin 45 derajat.

Tambahkan detail kaca pada objek jendela atas, dengan persegi panjang membulat di sisi tepi dan dua papan melintang di jendela.

Tahap 10-Membuat-Flat-Design-Kincir-Angin-di-Adobe-Illustrator

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *