Tutorial “Flat Design” Karakter Ikan Paus di Adobe Illustrator

 

Tutorial Flat Design Paus Biru Adobe Illustrator

Langkah 1

Mari kita mulai cara menggambar vektor paus, terlebih dahulu kita buat tubuh paus. Ambil Rectangle Tool (M) dan buatlah objek biru 245 x 90 px .

Ambil Direct Selection Tool (A) dan pilih kedua sudut bawah persegi panjang. Tarik penanda Live Corners pada bagian sudut ke pusat objek, untuk membuat sudut membulat. Anda juga dapat mengatur nilai secara manual pada panel kontrol di atas. Di sini saya set nilai menjadi 90 px.

Tutorial 1-cute-whale

Langkah 2

Sekarang mari kita tambahkan bagian ekor. Gunakan Rectangle Tool (M) sambil menahan Shift untuk membuat persegi 30 x 30 px . Letakkan pada bagian kanan atas objek tubuh, seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

Mari kita pastikan bahwa objeknya sejajar dengan benar. Pilih kedua objek dan klik objek tubuh sekali lagi menggunakan Selection Tool (V) . Sekarang karena objek tubuh adalah objek utama, jadikan objek tubuh sebagai Key Object maka semua objek lainnya akan disejajarkan. Pada panel kontrol di atas, klik Horizontal Align Right.

Sekarang mari kita buat objek yang tepat pada ekornya. Ini adalah aspek penting untuk mempelajari cara menggambar vektor paus. Pilih sudut kiri atas dengan Direct Selection Tool (A) dan buat sudutnya 30 px membulat. Akhirnya, selanjutnya klik submenu Corners pada panel kontrol di atas dan pilih Inverted Round untuk membuat objek membulat ke dalam.

Tutorial 2-cute-whale

Langkah 3

Mari kita membuat bagian ekor atas. Pilih Ellipse Tool (L) dan buat objek 35 x 65 px .

Pilih Scissors Tool (C) dan klik anchor points atas dan bawah bentuk untuk membaginya. Sekarang kita memiliki dua buah objek ekor terpisah.

Tutorial 3-cute-whale

Langkah 4

Putar objek dan buat objek saling tumpang tindih seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah. Letakkan objek pada ujung ekor.

Tutorial 4-cute-whale

Langkah 5

Mari menggambar perut ikan paus ini, dengan menggunakan Pencil Tool (N) dan ubah warna Fill menjadi None pada panel Color . Gambarlah kurva bergelombang pada bagian dalam tubuh.

Sekarang pilih objek badan dan kurva, buka panel Pathfinder ( Window > Pathfinder ) dan klik Divide untuk memisahkan objek badan paus.

Tutorial 5-cute-whale

Langkah 6

Finally kita sudah menyelesain setengah progress! Untuk langkah 6, berikan warna biru muda pada perut paus kita.

Tutorial 6-cute-whale

Langkah 7

Sekarang mari kita tambahkan sirip. Kami akan menggunakan objek setengah lingkaran yang kami buat untuk ekor. Gandakan objek ( Control-C > Control-V ) dan buat objek menjadi lebih besar. Lalu putar sirip dan letakkan ke bagian tengah badan.

Jika ujung atasnya menonjol keluar dari bagian atas objek badan, kita dapat dengan mudah memperbaikinya menggunakan Eraser Tool (Shift-E) . Pastikan objek dalam keadaan terpilih, ambil Eraser Tool (Shift-E) dan goreskan pada bagian objek yang ingin Anda hapus.

Tutorial 7-cute-whale

Langkah 8

Selanjutnya kita akan membuat objek mata. Klik Ellipse Tool (L) , tahan tombol Shift dan buat lingkaran. Atur warna Fill -nya menjadi None dan beri warna Stroke -nya menjadi biru tua.

Buka panel Stroke ( Window > Stroke ) dan atur Weight menjadi 5 pt, ubah Cap menjadi Round Cap . Gunakan Scissors Tool (C) dan klik anchor points kiri dan kanan untuk membagi objek menjadi dua lengkungan.

Hapus bagian bawah. Tempatkan objek lengkung kedua pada mulut paus, kita buat mata tertutup seolah-olah dia sedang tersenyum.

Tutorial 8-cute-whale

Langkah 9

Mari kita buat ilustrasi kita lebih detail dengan menambahkan beberapa garis tebal pada objek. Mulailah dengan memilih bagian atas tubuh, Copy (Control-C) dan Paste in Front (Control-F). Atur warna Fill pada objek hasil copy menjadi None dan warna Stroke menjadi biru tua. Aktifkan Scissors Tool (C) dan klik titik yang ditandai pada gambar di bawah ini. Jika anda tidak melihat anchor point, Anda dapat mengklik garis itu sendiri untuk membuat titik dan membaginya dengan AScissors Tool (C) juga.

Hapus bagian yang tidak dibutuhkan pada objek garis dan pindahkan poin dengan Direct Selection Tool (A) untuk membuat celah jarak antar garis.

Atur Stroke Weight menjadi 3 pt , buatlah garis menjadi sedikit lebih tipis.

Tutorial 9-cute-whale

Langkah 10

Tambahkan lebih banyak garis, dengan menggunakan teknik yang sama pada stroke dengan menggunakan Scissors Tool (C).

Tutorial 10-cute-whale

Langkah 11

Finishing project kita ini dengan menambahkan air mancur kecil di atasnya. dengan menggunakan Pen Tool (P) atau Line Segment Tool (\) untuk menambahkan garis vertikal tersebut.

Tutorial 11-cute-whale

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *